Ini merupakan kali kedua oleh Dr. Alan Owen mengisi Kuliah Umum di FTS. Sebelumnya Owen sudah pernah mengisi kuliah umum dengan topik yang tidak jauh berbeda yaitu energi terbarukan.
Jakarta [UNAS] – Energi alam di Indonesia merupakan kekayaan alam bersama yang bisa dimanfaatkan, khususnya energy dalam lautnya. Dalam kuliah umum yang diadakan Fakultas Teknologi dan Sains (FTS) bekerjasama dengan Kantor Kerjasama Internasional (KKI) membahas tentang energi kelautan yang dimiliki Indonesia. Kuliah umum ini mendatangkan seorang ahli dibidangnya yaitu Dr. Alan Owen dari Robert Gordon University (RGU) Skotlandia dengan tema ‘Seabed Survey for Marine Energy'(11/5).

Ini merupakan kali kedua oleh Dr. Alan Owen mengisi Kuliah Umum di FTS. Sebelumnya Owen sudah pernah mengisi kuliah umum dengan topik yang tidak jauh berbeda yaitu energi terbarukan. Dalam Kuliah Umum ini Owen lebih mengungkapkan Energi Terbarukan yang ada di dasar laut seperti gelombang dan arus yang dapat dimanfaatkan tetapi belum dieksplorasi lebih jauh.

Sebenarnya Owen menjelaskan energi apa yang telah ia temukan sebagai sumber energi di dasar laut dan berniat menjadikannya sebuah proyek. Tapi untuk benar-benar terlaksana banyak yang harus dipersiapkan seperti tempat, alat yang digunakan dan sumer daya manusianya juga ijin dari pemerintah.

Wakil dekan FTS, Fitria Hidayanti S.Si.,M.Si. mengungkapkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik & Sains yang hadir sangat antusias dengan adanya kuliah umum ini. Wawasan mereka semakin bertambah tentang energi dasar laut. Pembahasan juga sangat terkait dengan mata kuliah yang mereka ambil.

“Manfaatkan momen ini dan jangan ragu, kuliah umum ini sarana untuk berbagi ilmu. Apalagi mengundang ahli dibidangnya yaitu Dr. Alan Owen,” ujar Basori S.T.,M.T. dekan FTS saat sambutan di awal acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *